Jumat, 15 Februari 2019

Kain Songket di Lombok yang Terkenal hingga Mancanegara

Kain Songket di Lombok yang Terkenal hingga Mancanegara - Lombok, Nusa Tenggara Barat, menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi. Tak lengkap rasanya jika tak membawa pulang kain songket sebagai oleh-oleh dari Lombok. Buat kamu yang mencari kain songket khas Lombok jangan lupa mampir ke Desa Sukarara.
kain songket lombok
Sukarara adalah nama sebuah desa yang terletak di Kecamatan Jonggot, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Desa Sukarara terkenal sebagai penghasil kain songket yang sudah menembus pasar internasional. 

Darma, salah seorang pemandu di Industri Kerajinan Patuh menceritakan secara singkat bagaimana kebiasaan menenun ini masih bertahan hingga saat ini. Keahlian menenun di Desa Sukarara diberikan secara turun-temurun dan lestari dari generasi ke generasi. Biasanya keahlian menenun didapatkan dari ibu yang diwariskan ke anak perempuan.

"Jadi kalau dulunya itu, diharuskan bagi yang perempuan bisa menenun, kalau di sini perempuan tidak bisa nenun itu belum oleh nikah," kata Darma dilansir TribunTravel dari Tribunnews.com, Rabu (13/2/2019).

kain songket lombok
Di sepanjang jalan desa ini banyak sekali toko-toko yang menjual kain songket. Sehingga para wisatawan dapat dengan mudah dan bebas memilih kain songket sesuai motif dan warna yang paling menarik.

Industri Kerajianan Patuh merupakan koperasi yang menjual dan memamerkan kain tenun hasil produksi warga sekitar yang dijual kepada wisatawan.