Kamis, 28 Februari 2019

10 Hikmah Sedekah Yang Wajib Diketahui

10 Hikmah Sedekah Yang Wajib Diketahui - Seperti pepatah yang mengatakan bila lebih baik tangan di atas ketimbang di bawah menjelaskan bila sedekah dalam Islam adalah sebuah aksi yang penting untuk dijalankan khususnya bila termasuk golongan orang mampu. Agama Islam sendiri juga memerintahkan untuk saling tolong menolong pada sesama manusia dalam kebaikan serta sedekah yang dapat dilakukan diantaranya ialah zakat yang terkandung banyak manfaat zakat fitrah didalamnya dan qurban. 
10 Hikmah Sedekah Yang Wajib Diketahui

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, terkecuali dari bisikan-bisikan orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau melakukan perbuatan kebaikan atau membuat perdamaian di antara manusia. Serta barangsiapa yang melakukan perbuatan demikian sebab mencari keridhaan Allah, maka kami akan memberikannya pahala yang besar”. [An Nissa ayat 114] 

Berikut 10 Hikmah Sedekah Yang Wajib Diketahui

1 Menguatkan Iman 
Ibadah menjadi sarana pengabdian hamba pada Allah SWT serta sedekah dalam Islam menjadi salah satu perintah untuk semua kaum muslimin. Bersedekah yang dilakukan dengan niat beribadah pada Allah SWT akan makin memperkuat iman pada Allah SWT. 

2 Meningkatkan Empati Sosial 
Sedekah adalah proses memberikan apa yang kita punya baik dari materil atau non materil pada seorang yang memerlukan. Bersedekah itu bukan sekedar dikerjakan untuk membantu orang yang lain yang tengah kesulitan akan tetapi juga melatih perasaan empati kita pada orang lain terutama pada penerima zakat atau sedekah itu. 

3 Menjauhi Sikap Kikir 
Salah satu sifat jelek yaitu kikir mesti sangat dihindari karena sebagai makhluk sosial, tidak seharusnya kita mempunyai karakter sombong dengan berasumsi bila yang kita miliki ialah karena hasil usaha kita saja tanpa menyadari keterlibatan Allah SWT dalam hal itu. Hal jelek atau baik yang terjadi pada diri kita harus diakui bila ada keterlibatan dari Allah SWT dan keterlibatan dari orang lain sehingga keutamaan bersedekah yang kita kerjakan akan menghindari kita dari sikap yang kikir. 

4 Mengobati Penyakit 
Rasulullah SAW bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat dalam Islam, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah serta persiapkan doa untuk melawan datangnya musibah.” (H.R. Ath-Thabrani) 

“Obatilah orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah!” (HR. Abu Dawud, dihasankan oleh al-Albani dalam Shahihul Jami’). 

Rasulullah SAW telah bersabda bila kita menjadi manusia harus membentengi harta dengan cara berzakat atau sedekah karena dengan langkah tersebut maka penyakit bisa sembuh. 

5 Memudahkan Sakratul Maut 
Tidak hanya pahala sedekah pada hari Jumat yang dapat kita lakukan, akan tetapi dengan mengerjakan sedekah sesering mungkin, ini mengartikan kita juga memperingan kepedihan yang nantinya akan kita alami waktu sakratul maut karena dengan sedekah, maka Allah SWT akan menghilangkan perasaan serta sifat sombong dalam Islam serta egois orang yang melakukan sedekah itu. 

Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dari seorang Muslim menigkatkan (hartanya) dimasa kehidupannya. Dan memudahkan kepedihan waktu maut (Sakratulmaut), serta melaluinya (sedekah) Allah menghilangkan perasaan sombong serta egois.” (Fiqh-us-Sunnah vol. 3, hal 97) 

6 Mengabulkan Hajat 
Tidak hanya dengan cara banyak keutamaan shalat hajat, buat anda yang mempunyai hajat tertentu serta ingin segera dipenuhi, maka langkah yang dapat ditempuh ialah mengerjakan sedekah. 

“Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari kecepatan pergerakan sedekahnya.” (Hadist Qudsi) 

7 Menghindari Musibah 
Sedekah akan memberi hikmah yang mengagumkan buat pelakunya yaitu menghindari diri orang itu dari semua jenis bahaya sekalipun pelaku sedekah itu ialah seseorang pendosa, kafir bahkan juga zhalim serta dapat melawan bencana dalam Islam dengan baik karena Allah SWT akan menjauhkan musibah dari orang yang melakukan sedekah itu. 

8 Memperbanyak Rejeki 
Walau kita mengeluarkan sedekah berbentuk materil atau non materil, akan tetapi ada hikmah bernilai yang dapat kita temukan yaitu memperoleh rejeki yang lebih banyak lagi sebab tindakan sedekah itu dan dibarengi dengan dzikir pembuka rejeki 

Rasulullah SAW pernah bersabda “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” (HR. Al-Baihaqi) 

9 Mendapatkan Naungan Hari Kiamat 
Hal yang perlu diingat ialah naungan buat seorang mukmin di hari kiamat menurut Islam nantinya adalah sedekah yang telah dilakukan. 

“Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur buat pelakunya. Sungguh di hari kiamat, seseorang mukmin akan berlindung dibawah naungan sedekahnya.” (Silsilah As-Shahihah, 3484) 

10 Menghapus Dosa 
Sedekah akan menghapus dosa besar dalam Islam yang telah kita perbuat walau dosa itu tidak dihapuskan begitu saja tanpa dibarengi dengan tindakan yang baik dan taubat. 

“Sedekah itu bisa menghapus dosa seperti air itu mematikan api“.(HR. At-Tirmidzi).

Itulah 10 Hikmah Sedekah Yang Wajib Diketahui, semoga bisa mengambil hikmahnya. Terimakasih sudah berkunjung dan selamat beraktifitas.